RPP Sistem Pencernaan Makanan

Posted by Moment Infinity Network - -


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran     :  IPA
Kelas/Semester     :  IX/1       
Materi Pokok        :  Sistem Pencernaan Makanan
Alokasi Waktu       :  2 X pertemuan (4 x 45 Menit)

A.     Standar Kompetensi
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya dan salingtemas.
B.      Kompetensi Dasar
Menjelaskan keterkaitan antara struktur,fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia).
C.      Indikator
1.      Menjelaskan bahan-bahan makanan dan zat-zat yang terdapat pada makanan dan fungsinya.
2.      Menjelaskan struktur dan fungsi organ dalam sistem pencernaan manusia.
3.      Menjelaskan proses sistem pencernaan hewan misalnya ruminansia.
4.      Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.
D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan bahan-bahan makanan dan zat-zat yang terdapat pada makanan dan fungsinya.
2.      Siswa dapat menjelaskan struktur dan fungsi organ dalam sistem pencernaan manusia.
3.      Siswa dapat menjelaskan proses sistem pencernaan hewan misalnya ruminansia.
4.      Siswa dapat menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia.

E.      Materi Pokok
1.      Bahan-bahan makanan sehari-hari sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber energi,pertumbuhan,dan menjaga kesehatan.Bahan makanan tersebut harus mempunyai menu seimbang  yaitu hidangan “empat sehat lima sempurna” berupa sayuran,nasi,buah,susu dan lauk.Dalam bahan makanan tersebut harus memiliki zat-zat makanan tersendiri seperti karbohidrat yang berfungsi untuk menghasilkan energi dan menjaga keseimbangan asam basa.Protein berfungsi bagian penting untuk plasma darah,dan zat pembangun.Lemak berfungsi pelarut vitamin A,D,E,K dan zat lain.Vitamin berfungsi untuk menjaga kesuburan tubuh.

2.      Saluran pencernaan pada manusia terdiri dari rongga mulut,esofagus (kerongkongan),lambung,usus halus,usus besar,rektum dan anus.Rongga mulut dilengkapi denga alat pencerna dan kelenjar pencerna yaitu gigi,lidah,dan kelenjar ludah.Lambung berfungsi untuk tempat dimana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap.Usus halus berfungsi ntuk penyerapan makanan.Usus besae berfungsi untuk menyerap air dan feses.Selanjutnya rektum dan anus berfungsi untuk tempat pembuangan feses dari tubuh.

3.      Proses pencernaan pada ruminansia adalah makanan berupa rumput yang telah dikunyah didalam mulut masuk ke dalam rumen melalui esofagus makanan disimpan sementara di rumen.Selanjutnya makanan menuju retikulum dan dicerna di dalamnya.Makanan yang telah dicerna kemudian dikeluarkan kembali ke mulut.Didalam mulut dikunyah kembali dan ditelan lagi ke retikulum.Selanjutnya makanan masuk ke omasum.Selanjutnya makanan diteruskan abomasum,makanan yang sudah dicerna di abomasum akan diteruskan ke usus halus.Setelah mengelami penyerapan air,sisa makanan berupa ampas dikeluarkan melalui anus.
4.      Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia.
Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan ini terjadi pada manusia.
·         Diare penyebab anatara lain stres,makanan tertentu,atau organisme perusak yang melukai diding usus.
·         Tukak lambung penyebab adalah akibat makan makanan yang merangsang lambung seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri.
·         Konstipasi (sembelit) penyebab karena kurang mengkonsumsi makanan yang berupa tumbuhan berserat dan banyak mengkonsumsi daging.
F.       Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran
Cooperative Learning (CL)
2.      Metode Pembelajaran

Leave a Reply